Pengertian Seputar Fumigasi

Pengertian Seputar Fumigasi

Hama memang sangat menyebalkan dan menjengkelkan. Banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk membasmi hama. Tapi yang paling efektif adalah dengan cara fumigasi. Mungkin beberapa diantara kalian bertanya, apa sih itu fumigasi ? mari kita bahas bersama.

Fumigasi adalah cara paling cepat dan paling efektif untuk mengontrol hama yang berada dalam suatu ruangan dan cara ini dapat menghemat waktu serta biaya. Saat kutu/hama menyerang produk makanan yang ada pada industri yang anda kelola dapat dipastikan bahwa akan menimbulkan kerugian yang banyak. Karena itu fumigasi merupakan cara tercepat untuk dapat mengontrol hama yang berada dalam suatu ruangan dan dapat menghemat waktu serta biaya. Fumigasi sendiri juga merupakan cara paling efektif untuk mengatasi hama berupa serangga yang sering menyerang komoditas makanan yang berada di gudang seperti tepung, gandum, benih lainnya.

Dengan adanya fumigasi dapat memungkinkan anda untuk mengontrol semua fase kehidupan hama yang kemungkinan hidup di sekitar anda. Fumigasi juga dapat menjangkau hama yang berada di area yang sulit diraih semprotan, serbuk maupun aerosol.

Dalam pelaksanaan fumigasi sebagi perlakuan karantina. Bahan kimia yang digunakan untuk melakukan teknik fumigasi disebut dengan fumigan. Fumigan inilah yang berperan penting dalam proses pembasmian hama ataupun mengendalikan hama penganggu tersebut. Nah jenis fumigan yang umumnya digunakan sebagai pembasmi adalah Metil Bromida (MBr). Untuk fumigasi yang berhubungan langsung dengan komoditas manusia terutama dengan bahan pangan seperti biji-bijian beras, jagung, gandum dll fumigasi tidak boleh menggunakan Metil Bromida atau Sulfury Flouride karena dapat menimbulkan keracunan dan menimbulkan efek samping yang cukup serius. Efek samping akan terasa saat bahan pangan tersebut sudah dikonsumsi oleh manusia.

Sebagai pengganti Metil Bromida, fumigan khusus yang digunakan sebagai khusus komoditas bahan pangan adalah aluminium phosphide. Lain halnya dengan Fumiphos yang sudah mempunyai kredibilitas dan kepercayaan dari pemerintah untuk dapat menjaga kualitas bahan pangan selama masa penyimpanan, karena telah diuji coba dan juga sudah mendapat sertifikasi dari Biotrop Bogor, PTPN X, dan Balitbang Bulog. Fumiphos merupakan andalan utama untuk melindungi bahan-bahan yang berada di gudang. Apalagi untuk pengantaran bahan pangan menggunakan kontainer untuk antar pulau.

Fumigasi dapat mengendalikan hama apa saja? Mungkin itu sekarang yang ada di pikiran anda. Fumigasi dapat mengendalikan banyak sekali macam-macam hama antara lain bakteri, rayap, tikus, jamur, dan serangga-serangga lainnya. Fumigasi ini mempunyai peran penting dalam sistem perekonomian bagaimana tidak dengan adanya fumigasi selama proses pengiriman bahan pangan akan bebas dari gangguan hama.

Adapun cara kerja fumigan ini sendiri adalah dengan mematikan hama melalui sistem pernafasan dimana dalam suatu ruangan yang telah dilakukan fumigasi makan oksigen akan bercampur dengan fumigan. Fumigasi tergolong menjadi dua macam, yang pertama adalah fumigasi ruangan (space fumigation) cara pelaksanaannya adalah fumigasi dilakukan di seluruh sudut ruangan seperti hanya contok kontainer, kapal ataupun ruangan lain yang sejenis itu. Yang kedua fumigasi di bawah sungkup plastik (under plastic sheet fumigation). Berbeda dengan yang pertama teknik yang kedua ini fumigasi hanya akan terbatas dengan plastikda dan tidak menyeluruh ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *